Dunia sedang digemparkan oleh serangan virus corono yang bahkan tercatat sudah menghilangkan nyawa 80 warga Wuhan, China. Setelah diteliti, virus corona masih masuk ke dalam keluarga besar virus yang biasanya menyebabkan flu, dan dalam tahapan lebih serius menyebabkan timbulnya MERS dan SARS.

Virus satu ini biasanya memberikan dampak berupa infeksi saluran pernapasan dengan gejala seperti pilek, batuk, demam, pusing, dan sakit tenggorokan yang dialami selama beberapa hari.
Siapa pun bisa menjadi korban dari virus dengan nama baru Novel Coronavirus (2019-nCoV) ini, baik pria mau pun wanita, dari anak-anak hingga orang dewasa. Terlebih jika daya tahan tubuh dalam kondisi rendah, virus penyakit termasuk corono bisa saja masuk dan menyerang tubuh.

Penyebaran Virus
Virus corona manusia dapat menyebar dari orang yang terinfeksi ke orang lainnya melalui beberapa cara, yaitu:
• Melalui udara (batuk dan bersin)
• Kontak langsung seperti menyetuh dan berjabat tangan
• Menyetuh organ tubuh tertentu seperti hidung, mata, mulut sebelum mencuci tangan
• Kontaminasi tinja

Demi menjaga diri dari serangan penyebaran virus corona, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti:
1. Mencuci tangan dengan cara yang tepat selama 20 detik menggunakan sabun antibakteri
2. Gunakan tissue ketika batuk dan bersin
3. Menghindari konsumsi daging mentah
4. Menggunakan masker untuk melindungi diri dari udara kotor
5. Memeriksakan kesehatan dengan segera ketika timbul gejala-gejala dari virus corona

Sebenarnya, belum ditemukan sejauh apa fatalitas dari virus ini sehingga belum ada obat khusus yang bisa diberikan untuk mengobati orang yang terinfeksi virus corona. Namun, virus corona masih bisa diatasi jika sudah terdeteksi sejak dini dan mendapat penanganan langsung. Biasanya, dokter akan menangani virus corona di fase awal dengan memberikan resep pengobatan demam juga nyeri.
Jaga selalu kebersihan tangan dan lingkungan Anda, serta terapkan pola hidup sehat agar metabolisme tubuh selalu terjaga ya!