Tak terasa kita sudah memasuki hari ke 7 di bulan Ramadhan, tentunya semua umat Islam akan bersuka-cita merayakan datangnya bulan Ramadhan dengan beribadah puasa.

 

Namun, tak hanya dengan puasa, bulan Ramadhan juga identic dengan kenaikan berat badan setelahnya. Tentunya hal ini menjadi tidak baik bagi kesehatan ya. Lalu bagaimana caranya agar tetap sehat selama Ramadhan dan setelahnya? Perhatikan hal-hal berikut yuk!


Perhatikan Asupan Gizi
Menjaga tubuh agar tetap sehat berstamina selama menjalankan puasa bisa menjadi salah satu tantangan ya. Tentunya Anda perlu mengosumsi asupan bergizi yang dapat membantu Anda menjalankan ibadah puasa tanpa dan tetap dapat beraktivitas seperti biasa. Saat sahur dan berbuka kita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, vitamin, mineral, dan serat. Jangan lupa untuk konsumsi karbohidrat ketika sahur seperti nasi atau sumber karbohidrat lainnya untuk menyiapkan tubuh yang berenergi ya.


Perhatikan Jenis Minuman
Setelah seharian menahan haus, tentunya akan sangat menyenangkan jika kita meminum minuman manis dan dingin saat berbuka. Namun sebenarnya, kita disunahkan untuk meminum air mineral lebih dahulu lho. Hal ini bukan tanpa alasan, air mineral merupakan sumber utama kebutuhan air dalam tubuh yang sudah pasti sehat. Air mineral juga dapat memperlancar pencernaan Anda untuk siap mengonsumsi makanan dan minuman lainnya saat berbuka. Setelahnya, jika ingin mengonsumsi minuman lain Anda bisa memilih jus buah segar yang membantu memenuhi kebetuhan akan mineral dan vitamin.


Batasi Jumlah Asupan
Rasa lapar yang sudah dirasakan sejak siang hari mungkin menjadikan Anda lupa diri saat berbuka puasa dan menyebabkan Anda makan terlalu banyak. Hal ini perlu Anda hindari jika tak ingin mengalami gangguan pencernaan dan masalah kesehatan lainnya. Konsumsi makanan ringan seperti air mineral dan buah saat awal berbuka lebih disarankan. Lalu, beri jeda jika Anda ingin mengonsumsi makanan lainnya. Ada baiknya Anda membatasi cemilan yang mengandung karbo dan lemak terlalu tinggi seperti goreng-gorengan ya.


Rencanakan Olahraga
Meski tengah berpuasa, bukan berarti Anda melupakan aktivitas berolahraga ya. Anda tetap harus berolahraga agar kebugaran tubuh tetap terjaga. Selama berpuasa, Anda bisa menyesuaikan jenis dan intensitas waktu berolahraga agar tidak menggangu jalannya ibadah puasa.


Konsultasikan Ke Dokter
Bagi Anda yang sedang menghadapi masalah kesehatan tertentu, ada baiknya Anda berkonsultasi kepada dokter mengenai menu makanan dan pola olahraga yang tepat bagi Anda. Dengan begitu Anda dapat terhindar dari rasa khawatir akan kesehatan selama menjalankan ibadah puasa.