Di bulan Ramadan kita akan menemui beberapa perubahan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Tak hanya perubahan pola makan, pola tidur pun akan mengalami perubahan karena kita diharuskan bangun pukul 3 pagi untuk makan sahur. Hal ini tentu juga berakibat pada kurangnya jam tidur yang mungkin akan membuat Anda mengantuk saat tengah beraktivitas.

 

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba agar pola tidur tetap terjaga selama bulan Ramadan. Yuk simak apa saja caranya.


1. Majukan Jam Tidur
Jika biasanya Anda tidur pada pukul 23.00, maka sebaiknya di bulan Ramadan ini Anda memajukan waktu tidur menjadi sebelum pukul 22.00. Dengan tidur lebih awal, maka Anda bisa istirahat lebih panjang sebelum melaksanakan sahur. Jika Anda tidak membiasakan tidur lebih awal di bulan Ramadan, maka waktu tidur pun akan berkurang rata-rata 40menit setiap harinya. Hal ini berpengaruh pada berkurangnya pula durasi tahap tidur pulas yang akan mengakibatkan rasa kantuk di siang hari.


2. Curi Waktu Tidur
Mungkin waktu tidur Anda sebelum sahur lebih pendek dari hari-hari biasanya. Untuk itu, Anda bisa mencuri waktu tidur setelah shalat subuh jika aktivitas di pagi hari memungkinkan Anda untuk melakukannya. Selain itu, Anda juga bisa gunakan waktu istirahat di kantor untuk tidur sejenak. Tidur siang selama 10-20menit yang mecapai tahap tidur pulas juga bisa mengembalikan energi. Atau sebagai alternatif, Anda bisa mengubah kebiasaan membawa kendaraan pribadi menjadi kendaraan umum. Waktu yang biasa digunakan untuk menyetir kendaraan pun bisa Anda gunakan untuk tidur di kendaraan umum selama perjalanan.


3. Perhatikan Makanan
Tidur dengan keadaan lapar atau terlalu kenyang tentu tidak baik bagi tubuh. Selain dapat mengganggu kualitas waktu istirahat Anda, tidur setelah makan juga bisa mengakibatkan stroke dan diabetes. Jika rasa lapar melanda ketika Anda akan beranjak tidur, pilihlah makanan yang mudah dicerna seperti roti atau gandum.


4. Hindari Kopi
Tentu Anda sudah mengetahui bahwa kafein dalam rokok dapat membuat Anda terjaga lebih lama. Hal tersebut tentu akan berdampak pada mundurnya waktu istirahat Anda dan membuat Anda kekurangan durasi tidur.


5. Rutin Berolahraga
Olahraga pun dapat memberikan dampak positif pada tidur Anda. Rutin berolahraga dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak sehingga kualitas tidur Anda pun meningkat. Cukup olahraga ringan dengan durasi sekitar 30-60 menit. Usahakan untuk berolahraga 4-5 jam sebelum tidur dengan jeda waktu 1 jam sebelum Anda tidur.


Kunci dari terjaganya pola tidur ada pada kedisiplinan Anda dalam meggunakan waktu. Sebagai langkah awal, Anda bisa membuat daftar kegiatan harian sehingga bisa menentukan aktivitas yang menjadi prioritas Anda setiap harinya dan membuat waktu tidur Anda tetap terjaga. Selamat mencoba!