fbpx

Jenis Makanan Sehat Untuk Sahur

Makan sahur selama bulan Ramadan mungkin bisa dikatakan pengganti sarapan Anda. Untuk itu jenis makanan yang Anda konsumsi pun tak boleh sembarangan mengingat setelahnya Anda tidak akan mengonsumsi makanan apapun sampai waktu berbuka puasa tiba.

 

Makanan yang sehat dan mampu memberikan energi bagi tubuh selama berpuasa sangat penting, karena Anda pasti tetap beraktivitas seperti biasa. Dengan menu dan porsi yang sesuai pula, Anda akan terhindar dari resiko kenaikan berat badan karena mengonsumsi makanan secara berlebihan saat berbuka.

Lalu menu seperti apa saja yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur? Berikut ini kami berikan daftar makanan sehat yang perlu Anda konsumsi.

Karbohidrat Kompleks

1. Karbohidrat Kompleks
Dibanding karbohidrat biasa, karbohidrat kompleks lebih disarankan untuk Anda konsumsi saat sahur. Karbohidrat kompleks terbukti lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga akan memberikan rasa kenyang lebih lama dan membantu Anda mempertahankan energi selama sehari penuh. Karbohidrat kompleks yang bisa Anda coba di antaranya adalah gandum, nasi merah, kentang, atau pun oatmeal.

 

Makanan sumber Protein

2. Protein
Mengonsumsi makanan yang mengandung protein dapat membantu Anda memperbaiki dan membangun jaringan dalam tubuh. Protein juga akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat sehingga terhindar dari sakit selama berpuasa. Sumber protein yang dapat dijadikan menu sahur Anda antara lain telur, kacang-kacangan, ikan, ayam, daging tanpa lemak, atau tahu-tempe.

Sayur dan Buah

3. Sayur dan Buah
Kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral tak boleh luput dari perhatian Anda. Vitamin dan mineral berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama dalam sistem metabolisme. Pilihlah sayur dan buah yang kaya serat agar Anda juga bisa merasa kenyang lebih lama. Sayuran hijau dan kurma bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

 

Air Mineral

4. Air Mineral
Memenuhi kebutuhan harian air dalam tubuh sangatlah penting. Minum 2-3 gelas air mineral ketika sahur memungkinkan Anda terhindar dari dehidrasi saat berpuasa.

 

Tak hanya menu makanan yang tepat, porsi makanan yang Anda konsumsi pun haruslah tepat. Jangan sampai porsi makanan Anda kurang sehingga tubuh merasa lemas ketika beraktivitas ya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *