Setelah libur lebaran dan kembali beraktivitas seperti biasa, Anda pun mungkin akan kembali melakukan diet ketat terlebih jika mengalami kenaikan berat badan.

 

Setiap program diet selain mengatur pola dan menu makanan yang dikonsumsi, pasti menganjurkan untuk Anda tetap melakukan olahraga secara rutin. Perlu Anda ketahui bahwa ternyata ada beberapa jenis olahraga yang bisa membantu Anda mempercepat proses penurunan berat badan lho.


Olahraga apa saja yang bisa mengoptimalkan program diet dan membantu Anda mengembalikan berat badan seperti semula dengan lebih efektif?

 


1. Jogging
Lari santai atau jogging merupakan jenis olahraga kardio yang bertujuan untuk menurunkan kadar lemak dan air dalam tubuh. Dengan berkurangnya tumpukan lemak dan air dalam tubuh, tentu penurunan berat badan akan semakin mudah dilakukan. Jogging pun bisa dengan mudahnya Anda lakukan baik pagi atau pun sore hari dan bisa dilakukan di sekitar rumah mau pun di sekitar kantor. Jika Anda seorang pemula, Anda bisa menyesuaikan durasi waktu dalam jogging agar tak terlalu memaksakan kondisi tubuh yang belum terbiasa. Lalu sedikit demi sedikit Anda bisa mulai meningkatkan intensitas sesi jogging Anda.

 


2. Yoga
Dalam melakukan yoga, akan ada unsur meditasi, ketenangan, serta pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh. Dengan ketiga kombinasi unsur tersebut, menjadikan yoga sebagai salah satu olahraga yang efektif untuk Anda menurunkan berat badan. Anda bisa melakukan yoga di rumah dengan mengikuti panduan dari video atau pun langsung bergabung dalam kelas yoga yang dibimbing oleh instruktur yoga professional. Usahakan untuk rutin yoga 2-3 kali setiap minggunya.

 


3. Bersepeda
Aktivitas bersepeda memiliki tingkat efektifitas yang sama dengan jogging atau berlari dalam hal membakar lemak dan kalori. Selain itu, bersepeda juga merupakan aktivitas olahraga yang bisa Anda lakukan bersama-sama dengan teman sehingga membuat aktivitas tersebut lebih menyenangkan untuk dilakukan. Cobalah untuk bersepeda secara rutin setidaknya 2km dalam setiap sesinya. Lalu secara perlahan tingkatkan jarak bersepeda Anda.

 


4. Menari atau Senam Aerobik
Dalam melakukan gerakan tarian atau senam aerobik dibutuhkan tenaga yang tidak sedikit karena banyaknya variasi gerakan yang Anda lakukan. Hal ini tentu akan membuat tubuh lebih banyak membakar kalori. Bahkan beberapa gerakan gerakan membuat tubuh Anda bergerak secara menyeluruh sehingga tumpukan lemak di bagian tubuh tersebut pun akan otomatis ikut terbakar. Dengan kemampuannya yang efektif membakar lemak dan kalori itulah, baik menari mau pun senam aerobic termasuk dalam olahraga yang membantu Anda mempercepat proses penurunan berat badan.


Anda bisa memilih salah satu jenis olahraga di atas untuk menambah efektivitas program diet yang sedang Anda ikuti, baik dilakukan sendiri mau pun bersama dengan teman-teman. Atau, Anda juga bisa melakukan keempat jenis olahraga di atas untuk dilakukan bergantian agar tidak bosan dalam berolahraga.