Baru saja didiagnosa menderita diabetes, tentu bukan hal mudah untuk menerimanya namun, bukan berarti Anda tak bisa mengontrol kadar gula dalam tubuh Anda.

Penyakit diabetes sudah lama menjadi momok yang menakutkan bagi siapa saja. Diabetes sendiri merupakan penyakit yang berlangsung lama (kronis) dan ditandai dengan kadar gula (glukosa) tinggi atau di atas normal. Glukosa yang menumpuk karena tidak mampu diserap dengan baik oleh tubuh bisa menyebabkan komplikasi penyakit, bahkan akibatnya bisa membahayakan nyawa penderita. Untuk itulah perlu adanya kontrol yang baik terhadap glukosa dalam tubuh.

Glukosa sendiri adalah sumber energi utama bagi sel dalam tubuh. Glukosa dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ dalam tubuh yang terletak di belakang lambung. Sayangnya, pada penderita diabetes pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel dalam tubuh tidak mampu menyerap glukosa dan mengubahnya menjadi energi.

Jenis Diabetes
Ada 2 jenis diabetes, yaitu diabetes Tipe 1 dan Tipe 2. Diabetes Tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Hal ini mengakibatkan peningkatan kadar glukosa dalam darah, sehingga terjadi kerusakan organ tubuh.

Untuk Diabetes Tipe 2 merupakan jenis diabetes yang lebih sering terjadi. Diabetes ini disebabkan karena tubuh kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat digunakan dengan baik.

Kenali Gejalanya
Penderita diabetes umumnya mengalami beberapa gelaja berikut ini:
– Bobot tubuh berkurang
– Mudah lelah
– Nafsu makan meningkat
– Mudah haus atau dehidrasi
– Sering buang air kecil
– Daya pandang kurang atau penglihatan menjadi buram
– Kulit kering, mudah memerah, dan terasa panas
– Sering mengalami infeksi gigi

Mengatasi Diabetes dari Pola Hidup Sehari-hari
Bagi Anda yang baru saja didiagnosa menderita diabetes, tentu bukan hal mudah untuk menerimanya namun, bukan berarti Anda tak bisa mengontrol kadar gula dalam tubuh Anda. Cobalah untuk mulai lakukan kebiasaan berikut ini.

1. Mengonsumsi Makanan yang Tepat
Sebenarnya makanan yang Anda konsumsi tak jauh berbeda dengan mereka yang tidak menderita diabetes, hanya saja jenis makanan dan polanya lebih diatur. Biasakan untuk mengonsumsi makanan sehat, yaitu makanan yang bergizi tinggi, rendah lemak, dan rendah kalori. Seperti mengonsumsi makanan yang tebuat dari biji-bjan utuh atau karbohidrat kompleks, menggunakan gula rendah kalori, mengonsumsi daging dan sayur yang direbus (tidak digoreng), buah-buahan segar, atau beberapa ikan seperti tuna, salmon, sarden, maupun makarel.

2. Olahraga Teratur
Mungkin terasa membosankan jika semua hal tentang kesehatan dikaitkan dengan olahraga teratur. Namun begitulah kenyataannya, olahraga secara rutin merupakan dasar untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk bagi Anda yang menderita diabetes. Mulailah dengan olahraga ringan seperti berjalan santai, berenang, atau bersepeda selama 30-45 menit minimal 3 kali seminggu.

3. Tes Kadar Glukosa Secara Rutin
Dengan melakukan tes secara rutin, Anda bisa mengetahui secara realtime dan pasti kadar glukosa dalam tubuh Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk mengontrol kadar gula, menentukan jenis pengobatan, hingga membantu menentukan kapan saat yang tepat untuk Anda melakukan pengecekan lebih lanjut ke rumah sakit.

4. Konsumsi Obat atau Terapi Insulin
Meski sulit disembuhkan, memberikan penangananyang tepat untuk penyakit diabetes memungkinkan Anda untuk bisa terus mengontrol kadar gula dan terhindar dari komplikasi. Anda bisa memilih untuk melakukan terapi insulin atau mengonsumsi obat.

Bagi Anda yang takut jarum suntik dan memilih cara yang lebih mudah, Anda bisa coba untuk mengonsumsi obat diabetes. Pilihlah obat dengan bahan alami yang membuat Anda terhindar dari efek buruk mengonsumsi obat-obatan. Cek setiap kandungan dalam obat tersebut apakah aman bagi tubuh Anda atau tidak. Anda bisa mencoba Melabic untuk herbal alami yang aman bagi –penderita diabetes disini.