Selama ini mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah kanker. Beberapa dari Anda bahkan mungkin sedang berjuang memerangi sel kanker yang sudah berkembang-biak dalam tubuh. Namun, apakah Anda sudah benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan sel kanker dan gambaran umum mengenai sel kanker tersebut? Khusus untuk Anda, kami akan membahas secara umum mengenai sel
kanker.

Apa yang dimaksud dengan sel kanker?

Tubuh manusia terdiri dari triliunan sel yang menyebar di setiap organ dan bagian tubuh. Sel-sel ini setiap harinya akan berkembang membentuk sel baru. Dengan begitu, sel yang sudah rusak, tua, dan tidak lagi berfungsi akan mati, lalu tergantikan dengan sel yang baru.

Sementara sel kanker tidak akan mati dengan sendirinya. Sel kanker justru akan menggandakan diri dan berkembang-biak dengan cepat hingga jumlah yang sulit dikendalikan, melebihi sel normal. Penyakit kanker muncul dari sel-sel abnormal tersebut, yang pada akhirnya merusak jaringan atau bagian tubuh yang diserang.

Kanker bisa muncul pada bagian tubuh mana pun karena berasal dari sel dalam tubuh manusia itu sendiri, maka akan ada banyak sekali jenis sel kanker yang bisa ditemui. Dilaporkan ada sekitar 200 jenis penyakit kanker yang berbeda pada setiap orang.

Penyebab kanker

Umumnya kanker disebabkan oleh mutasi (perubahan) gen dalam sel. Di dalam gen, terkandung ribuan DNA yang bertugas memberi instruksi pada sel untuk menjalankan fungsinya pada organ tempat sel tersebut hidup. Ribuan gen pun akan menentukan jenis sel apa yang dibutuhkan tubuh tertentu, kapan sel perlu membelah diri, dan sel mana yang harus mati untuk diganti dengan sel baru.

Namun yang perlu disayangkan, proses menggandakan diri ini tidak selalu berjalan dengan sempurna. Ketika sel melakukan proses pembelahan diri ada resiko sel baru yang lahir mengandung gen yang rusak atau jumlahnya terlalu banyak. Perubahan struktur pada gen dalam sel ini disebut sebagai mutasi gen.

Ketika mutasi gen terjadi, sel tidak lagi mampu menerima perintah dari sistem pusat sehingga sel akan tumbuh di luar kendali dan menghasilkan protein abnormal. Kelainan pada protein yang diproduksi akan semakin memicu pembelahan sel-sel baru dengan gen yang tidak sempurna. Pada kasus lainnya, protein yang dibutuhkan untuk menghentikan kelahiran sel baru justru tidak diproduksi sama sekali.

Mutasi gen ini biasanya baru akan berpotensi menimbulkan kanker jika terjadi lebih dari lima kali dan melibatkan gen yang berbeda. Prosesnya pun akan berlangsung selama bertahun-tahun hingga sel-sel tersebut membelah diri dan membentuk sel kanker yang cukup besar, barulah gejala-gejalanya muncul dan sel kanker dapat terlihat ketika tubuh Anda diperiksa.

Tanda & Gejala Kanker

  1. Muncul benjolan tidak lazim.
    Gejala yang paling khas pada kanker adalah munculnya benjolan
    yang tidak lazim di bagian tubuh yang terserang. Benjolan tersebut
    pun biasanya akan tumbuh dengan cepat dan berbentuk tidak lazim.
  2. Perubahan pada kulit
    Kanker kulit bisa saja dilihat melalui tahi lalat yang bentuk, warna, serta ukurannya tak wajar. Segera konsultasikan ke dokter jika Anda menemui gejala ini.
  3. Berat badan turun tanpa sebab
    Penurunan berat badan bisa menjadi tanda bahwa kanker sudah menyebar ke hati sehingga memengaruhi nafsu makan dan kemampuan tubuh dalam melepas limbah makanan dalam tubuh. Selain itu, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas juga bisa menjadi gejala yang timbul ketika kanker menyerang bagian usus besar, pankreas, serta organ pencernaan lainnya.
  4. Rasa sakit tanpa sebab
    Gejala sakit yang perlu Anda waspadai adalah ketika sakit yang muncul tanpa sebab dan terjadi berkepanjangan. Sakit ini akan muncul pada lokasi tertentu dimana Kanker menyerang. Sebagai contoh, ketika Anda mengalami sakit kepala terus-menerus meski sudah mengonsumsi obat, mungkin itu adalah gejala kanker otak.
  5. Batuk dan sesak berkepanjangan
    Selama ini mungkin Anda berpikir bahwa batuk merupakan penyakit ringan. Namun, jika batuk yang Anda alami berkepanjangan, disertai sesak atau pun pendarahan meski sudah menjalani pengobatan, Anda perlu mewaspadainya. Hal ini bisa menjadi gejala bahwa paru-paru sedang dalam bahaya. Ada baiknya Anda segerakan untuk mengecek kondisi tubuh Anda dengan X-ray atau pun CT scan.

Informasi yang kami berikan mungkin cukup bagi Anda untuk mengenal kanker serta gejalanya agar Anda bisa mendiagnosis kondisi tubuh sedini mungkin. Stadium awal dalam penyakit kanker akan memberikan harapan sembuh lebih besar dibanding jika Anda baru mengetahuinya jika kanker sudah memasuki stadium akhir. Rutin lakukan pengecekan tubuh ke pusat kesehatan, jalani pola hidup sehat, serta menjaga kondisi tetap bugar bisa menjadi cara paling mudah untuk Anda menghindari kanker sedini mungkin.