Olahraga ringan seperti jogging nampaknya memang pilihan yang tepat untuk Anda yang memiliki segudang aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Jogging bisa dilakukan baik pagi atau sore hari dengan durasi yang tak terlalu panjang, serta bisa dilakukan meski hanya di lingkungan sekitar rumah. Dengan segala kemudahan untuk melakukannya, ternyata jogging memiliki banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dan berdampak positif dalam pekerjaan lho. Apa saja manfaat tersebut?

1. Menghilangkan Stress dan Menyeimbangkan Mood
Saat berlari, tubuh akan melepaskan hormon endorphin, hormon yang bekerja untuk memberikan perasaan bahagia. Endorphin juga membantu Anda dalam menjaga keseimbangan mood sehingga Anda pun dapat bekerja lebih maksimal. Selain itu, jogging yang dilakukan sepulang bekerja bisa menjadi alternatif melepaskan penat lho. Berlari santai sambil menikmati suasana sore hari tentu akan membuat Anda terhindar dari stress berlebih akibat pekerjaan.
2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Berolahraga selama 20-30menit secara teratur terbukti memperlancar sirkulasi darah yang membuat sistem metabolisme menjadi lebih kuat. Sistem metabolisme sangat berguna untuk mencegah serangan virus dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan Anda. Kondisi fisik yang demikian tentu akan membantu melancarkan segala aktivitas Anda tanpa khawatir akan penyakit.
3. Meningkatkan Daya Ingat
Begitu banyaknya pekerjaan memaksa Anda untuk terus berfikir sambil mengingat beberapa detail kecil yang berhubungan dengan pekerjaan. Tak jarang karena terlalu banyak hal-hal yang ada di dalam pikiran, kita menjadi lebih mudah melupakan beberapa hal lainnya. Berolahraga dengan rutin bisa membantu Anda mengatasi masalah ini. Olahraga seperti jogging bisa membantu mendorong pertumbuhan sel-sel baru dalam otak yang berperan dalam ingatan jangka panjang.
4. Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Olahraga dengan intensitas sedang mampu meningkatkan denyut jantung sehingga sirkulasi darah ke otak menjadi lebih lancar. Dengan begitu, suplai oksigen yang terbawa ke otak pun cukup untuk membuat sel saraf menghantarkan tangkapan sensoris lebih cepat. Kecepatan daya tangkap sensoris akan membantu Anda untuk lebih mudah mengolah informasi, menyerap kosakata baru, serta mudah untuk berkonsentrasi.

Meski berbagai kesibukkan menghabiskan waktu yang Anda miliki, 20-30menit yang Anda habiskan untuk berolahraga ringan rasanya akan sebanding dengan hasil yang didapat. Usahakan untuk melakukannya secara rutin, baik pagi atau pun sore hari ya.