fbpx

Rutin Konsumsi Kurma, Inilah Manfaatnya Bagi Tubuh

Ada beberapa buah yang khas di bulan Ramadan seperti saat ini. Selain karena menjadi pilihan santapan saat berbuka atau sahur karena mudah ditemukan di mana saja, buah-buahan ini juga nyatanya memang memberikan banyak manfaat bagi Anda yang mengonsumsinya selama bulan puasa. Salah satunya adalah kurma.

Ada banyak hadist yang menyatakan bahwa kurma menjadi santapan wajib Rasulullah ketika berbuka puasa karena manfaat kurma yang luar biasa. Sebutir kurma mengandung banyak sekali nutrisi yang baik bagi tubuh. Berikut ini kami sebutkan 5 manfaat penting dari kurma yang dapat Anda peroleh.

1. Mengembalikan Energi dengan Cepat
Kandungan kalori dan gula (sukrosa, fruktosa, glukosa) dalam kurma terbukti dapat mengembalikan energi yang hilang setelah berpuasa seharian. Nutrisi lainnya dalam kurma pun mampu mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Hal ini tentu saja akan sangat membantu Anda agar kembali berenergi dan memberikan efek kenyang lebih lama.
2. Melancarkan Pencernaan
Serat larut dan asam amino dalam kurma membantu merangsang proses pencernaan menjadi lebih baik. Dengan begitu, pergerakan usus dalam mengolah makanan pun akan lebih lancer dan menghindari Anda dari sembelit.
3. Mencegah dan Mengobati Anemia
Memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh menjadi hal yang perlu Anda lakukan. Tubuh yang kekurangan zat besi akan sulit memproduksi sel darah merah yang akhirnya membuat Anda beriko mengalami anemia. Mengonsumsi kurma bisa menjadi cara bagi Anda memenuhi kebutuhan zat besi tersebut agar terhindar dari anemia dan rasa lelah berlebih.
4. Sebagai Antioksidan
Menjalankan ibadah puasa tentu membutuhkan kondisi tubuh yang prima. Sebagai cara mempertahankan stamina dan kesehatan tubuh, mengonsumsi kurma secara teratur bisa menjadi salah satu cara yang Anda pilih. Kurma mengandung flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik yang berperan sebagai antioksidan. Dengan adanya antioksidan dalam tubuh, Anda pun dapat terhindar dari radikal bebas mau pun reaksi berbahaya dalam tubuh yang menyebabkan penyakit.
5. Meningkatkan Kesehatan Sistem Saraf
Tak hanya tubuh, untuk menjalankan ibadah selama Ramadan Anda juga perlu memelihara kesehatan otak dan pikiran. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan dalam kurma seperti Vit B dan kalium dapat meningkatkan kinerja sistem saraf agar lebih responsive. Kurma juga merupakan buah yang dapat meningkatkan memori dengan alami.

Manfaat dari kurma tentu akan dirasakan jika Anda mengonsumsinya secara rutin dan tidak berlebihan. Cukup konsumsi 3-5butir kurma sehari, baik dikonsumsi secara langsung atau pun diolah sebagai tambahan dalam menu berbuka puasa dan sahur Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *